Middleware

Diposting oleh kiki santoso Senin, 19 November 2012


Middleware Didefinisikan sebagai sebuah aplikasi yang secara logic berada diantara lapisan aplikasi (application layer) dan lapisan data dari sebuah arsitektur layer-layer TCP/IP [1]. Middleware bisa juga disebut protokol. Protokol komunikasi middleware mendukung layanan komunikasi aras tinggi. Pengertian yang lain yaitu :

 Software yang berfungsi sebagai lapisan konversi atau penerjemah.
Software penghubung yang berisi sekumpulan layanan yang memungkinkan beberapa proses dapat berjalan pada satu atau lebih mesin untuk saling berinteraksi pada suatu jaringan
 Juga sebagai integrator.
Middleware saat ini dikembangkan untuk memungkinkan satu aplikasi berkomunikasi dengan lainnya walaupun berjalan pada platform yang berbeda.
Biasa dipakai saat bermigrasi

Contoh Middleware
 Java’s: Remote Procedure Call
 Object Management Group's: Common Object Request Broker Architecture (CORBA)
 Microsoft's COM/DCOM (Component Object Model) Also .NET Remoting

Tujuan Middleware

Menyediakan kumpulan fungsi API (Application Programming Interfaces) yang lebih tinggi daripada API yang disediakan sistem operasi dan layanan jaringan yang memungkinkan suatu aplikasi dapat :
 Mengalokasikan suatu layanan secara transparan pada jaringan
Ø
 Menyediakan interaksi dengan aplikasi atau layanan lain
Ø
 Diperluas (dikembangkan) kapasitasnya tanpa kehilangan fungsinya.
Ø

Contoh Layanan Middleware

 Transaction Monitor
1. Produk pertama yang disebut middleware.
2. Menempati posisi antara permintaan dari program client dan database, untuk menyakinkan bahwa semua transaksi ke database terlayani dengan baik

 Messaging Middleware
1. Menyimpan data dalam suatu antrian message jika mesin tujuan sedang mati atau overloaded
2. Mungkin berisi business logic yang merutekan message ke ujuan sebenarnya dan memformat ulang data lebih tepat
3. Sama seperti sistem messaging email, kecuali messaging middleware digunakan untuk mengirim data antar aplikasi

Contoh Layanan Middleware

 Distributed Object Middleware
Contoh: RPC, CORBA dan DCOM/COM
 Middleware basis data
menyediakan antarmuka antara sebuah query dengan beberapa database yang terdistribusi
Contoh: JDBC, ODBC, dan ADO.NET
 Application Server Middleware
J2EE Application Server, Oracle Application Server

Kebutuhan Middleware
Middleware platform ke arah terhadap pengembangan

Middleware pasar pada tahun 2005, pasar software, Tahun Baru besar. Dalam situasi pasar perangkat lunak permainan pecah, seperti alat Perang Dunia II awal pengembangan, middleware, ini dipentaskan besar adegan setelah adegan dari drama itu, dapat dikatakan cukup untuk menarik popularitas, menang cukup menangis. Seperti banyak fans gila untuk Tahun Baru sebagai besar, perusahaan perangkat lunak dalam negeri dan asing memiliki semua membungkuk ke pasar middleware, rahmat memesona, adalah semua middleware dan gila. perusahaan perangkat lunak dalam negeri dan asing, tanpa kecuali, untuk menyanyikan pujian dari middleware, harus membangun diri sebagai pemeran utama film ini, tidak sabar untuk mengumumkan salah satu di pemimpin pasar middleware di lapangan, tujuannya adalah sepenuhnya tercermin dalam keuntungan mereka sendiri untuk menciptakan hasil pasar yang bagus, untuk mendapatkan lebih besar mungkin di box office.
Terkenal direktur, portofolio investasi superstar dan astronomi Baru Tahun Bioskop menjamin akses ke pasar efek besar. Middleware tidak terkecuali, perusahaan yang terkenal, tim teknis super deluxe, investasi yang signifikan merupakan jaminan keuntungan bagi pasar. Dengan meningkatnya permintaan untuk integrasi, tidak hanya bisnis kebutuhan middleware integrasi berbagai data, informasi perusahaan integrasi, integrasi aplikasi dan proses integrasi juga tak terpisahkan dari middleware, tujuan ini menyediakan untuk pengembangan middleware kondisi bagus.

Di pasar middleware, asap, 's penuh sesak, pemandangan sangat besar, produsen utama telah indah. IBM mengatakan ia adalah seorang vendor perangkat lunak middleware, Oracle juga mengumumkan bahwa pengiriman pasar middleware yang pertama: Ini adalah dijelaskan dalam perusahaan-perusahaan di middleware oleh tingkat perhatian.
Menurut statistik yang terkait, produk middleware, pasar global pada tahun 2005 masih dipertahankan pertumbuhan yang kuat, dan dalam beberapa tahun ke depan pasar akan produk-produk middleware untuk pertumbuhan lanjutan.

Dengan perusahaan internasional dan produsen dalam negeri terus meningkatkan investasi di bidang middleware, memungkinkan teknologi middleware penelitian dan pengembangan terus memperkuat. Setelah masa perjuangan, pasar database dan pola dasar pasar sistem operasi untuk menstabilkan, untuk sementara waktu tidak akan memiliki kekuatan untuk mematahkan pola ini terjadi, memungkinkan vendor perangkat lunak yang telah membuat perubahan strategis untuk membuka medan perang baru, jadi middleware pasar menjadi medan pertempuran vendor perangkat lunak yang banyak, vendor perangkat lunak memiliki harapan setiap yang di middleware akses pasar untuk mereka sendiri sepertiga dari acre tanah. Ini belanja intens, yang mengarah ke middleware produk dan pasar terus diperkuat dan ditingkatkan.

Selain itu, lokalisasi teknologi middleware, yang membuat pasar middleware dengan produsen asing dalam kompetisi tersebut, meskipun pada posisi yang kurang menguntungkan, tetapi juga akses untuk kelangsungan hidup mereka sendiri dan pengembangan dan pertumbuhan dan, akhirnya, memiliki tempat sendiri di bidang middleware , yang secara bertahap memperoleh tanah. Namun, di pasar middleware, seperti IBM, Oracle, BEA ini perusahaan software terkenal internasional, dengan kekuatan yang besar, tegas untuk dominasi pasar Zhanzhao, adalah yang pertama. Jumlah perusahaan perangkat lunak dalam negeri, seperti Link Timur, pencipta, Pu-yuan, dan hanya dapat memainkan peran pendukung dalam Eselon II.
Informasi perusahaan integrasi, integrasi kebutuhan informasi warisan aset, dan pengembangan SOA dan layanan Web, teknologi middleware telah dibuat di tingkat arsitektur perangkat lunak yang telah secara signifikan diperluas. Saat ini, karena dampak yang dirasakan dari middleware berkembang, telah penambahan untuk sistem operasi, database dan sistem langsung ke pelanggan di luar bagian dari klien yang dikenal sebagai middleware.

Tidak peduli seberapa disebut, tidak peduli bagaimana definisi middleware, kami tidak dapat memberikan jenis unik teknologi middleware? Atau aplikasi? Atau berbagi dua. Selama periode ini melihat kebaikan kebajikan dan kebijaksanaan melihat bijaksana. Pada tahun 2005, jenis middleware bervariasi. Selain sebuah middleware pesan, middleware objek, database, middleware dan jenis middleware tradisional lainnya telah menjadi semakin keluar dari citra lama tingkat murni teknis, mulai beralih ke bisnis-jenis middleware. Saat ini, pengejaran dapat memenuhi aplikasi enterprise, bisa lebih fleksibel sesegera mungkin untuk perusahaan layanan TI, dan telah menjadi ESB, pengembangan komponen middleware berorientasi tujuan penting tersebut.
Lain, platform middleware telah dalam arti kecenderungan pembangunan. Dalam produk middleware sederhana tidak dapat memenuhi kebutuhan bisnis keadaan, middleware platform perangkat lunak telah menjadi sebuah kebutuhan. Middleware akan dapat untuk mencapai pembangunan, penyebaran, operasi, manajemen, integrasi dan integrasi keamanan platform terbuka.
Jadi, menurut kesimpulan yang saya ambil dari penulisan diatas adalah middleware itu sendiri adalah sebuah perangkat lunak yang dipakai oleh beberapa perusahaan misalnya oleh IBM. Dan ini menjadi sebuah kebutuhan dalam dunia bisnis.

Lingkungan Komputasi
Lingkungan komputasi adalah suatu lingkungan di mana sistem komputer digunakan. Lingkungan komputasi dapat dikelompokkan menjadi empat jenis : komputasi tradisional, komputasi berbasis jaringan, dan komputasi embedded, serta komputasi grid.
Pada awalnya komputasi tradisional hanya meliputi penggunaan komputer meja ( desktop ) untuk pemakaian pribadi di kantor atau di rumah. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi maka komputasi tradisional sekarang sudah meliputi penggunaan teknologi jaringan yang diterapkan mulai dari desktop hingga sistem genggam. Perubahan yang begitu drastis ini membuat batas antara komputasi tradisional dan komputasi berbasis jaringan sudah tidak jelas lagi.
Dalam ledakan informasi, bagaimana perusahaan memperoleh informasi akurat dan tepat waktu, respon cepat kebutuhan pelanggan menjadi faktor penting dalam kesuksesan bisnis. Untuk memastikan bahwa staf dari waktu, ruang dan kondisi jaringan tetap, mudah dan aman terhubung ke kantor pusat aplikasi, akses informasi dan data dan panggilan berbagai peralatan, perusahaan membutuhkan lingkungan kerja yang lebih kompleks untuk lebih banyak pengguna sumber informasi beberapa menyediakan kemampuan untuk menghubungkan.

Referenshi
http://ripperjohn.blogspot.com/2010/12/kebutuhan-middleware.html

0 komentar

Posting Komentar