Tips ngecat pake pilox

Diposting oleh kiki santoso Jumat, 14 Juni 2013


gw cuma mau ngeshare aja ni tips buat cat motor yang bgus tapi harga enteng heheheh, dari beberapa rekomendasi yang gw alamin ya kalau orang bilang sih bahasa kerennya survey hahahah :D belaga bener dah udah kayak orang DPR :P, gw udah survey k beberapa tempat cat motor yang berbau modifikasi body hehehe teruama cat tapi harganya beh nauzubilah mahalnya :( tapi gw selama melakukan percobaan gw, terutama motor gw yang jadi korbanya alhamdulilah hasilnya nggak bikin gw gondok !! malah sebaliknya bikin gw puas heheheh harga enteng hasil maksimal tu yang gw cari :D

cat yg gw pake cat pilox Rj london tapi kalau ada yang make Cat Aerox jg gpp toh hasilnya sama aja dan harga juga nggak jauh beda dari Rj london, gw ada beberapa tips nih caranya :


1.       Merk cat semprot  kaleng  banyak dipasaran, missal: Boom, Diton, Suzuka, Pilox, dll. Tapi lebih sip pilih merk RJ, karena semburannya lebih rata dan jarang ngadat.

2.       Sebelum ngecat yakinkan dikocok rata. Caranya kocok dengan memutar sisi bawah dulu, lantas kocok secara vertikal, lakukan selama 60 detik sampai pengaduk kaleng terasa bebas.

3.       Saat mengeringkan bekas cat, hindari langsung kena panas matahari atau diruang terbuka, kalau langsung kena panas matahari emang cepat kering tapi  bisa merubah warna cat dan ditempat terbuka bikin debu cepat menempel. Bagusnya ditempat tertutup dengan suhu agak panas atau tambahkan lampu agar hasilnya bagus.

4.       Sebelum kaleng cat disimpan, kaleng dibalik dan semprotkan sedikit sekitar 2 detik untuk membuang sisa cat pada saluran semprot. Supaya saat ngecat lagi ngak mudah ngadat.

dan ini hasil korban gw hehhehe :D tapi gw bru ngecat bagian spatboard depan, sayap kiri dan tameng depan  selebihnya belom gw cat 

cara yang bikin awet cat :) sebelum ngcat kita mesti begini nih :

1.  Usir dulu bekas stiker,debu,kotoran,lem, pake kain yang dibasahi bensin atau minyak tanah.

2. Gosok permukaan komponen yang bakal dicat dengan amplas halus (ukuran 1000) dalam kondisi basah, lebih siap airnya bersabun biar permukaan ngak terlalu dalam tergores amplas, gak perlu ditekan asal rata dan menyentuh semua sudut. Tujuannyauntuk matiin cat lama sekaligus bikin kasar permukaan agar cat bias nempel.
3. Jemur dan keringkan pake lap kering atau desemprot kompresor.
4.  Yakin kering betul, barulah dicat semprot kaleng acrylic epoxy. Lebih bagus warna putih buat dasaran, agar cat atasnya lebih muncul. Tujuan pake epoxy agar cat lebih kuat nempel dan awet. Semprot pada jarak 30cm atau kurang sedikit. Sekali saja nyemprotnya secara horizontal, gak perlu tebal yang penting rata.
5. Tunggu sekitar 20 menit atau pastikan kering betul, lalu amplas lagi dengan amplas halus buat menghilangkan pori-pori atau bagian yang kurang rata dan kerutan.
6. Barulah semprot dengan cat yang kamu sukai, ingat semprot dengan jarak 25-30 cm sekali saja. Setelah kering ulangi 2-3 lapis hingga rata, ingat selama ngecat kocok kaleng cat secara berkala agar campuran cat tetap rata.
7. Buat mengkilapnya pake KIT atau Sanpoly yang bentuknya gel atau clear yang bermerk agar hasilnya bagus, awet dan gak kerutan.

0 komentar

Posting Komentar