Mengenai Software Compiere

Diposting oleh kiki santoso Rabu, 24 Oktober 2012

Sedikit penjalasan dari saya mengenai compier akan tetapi terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa itu ERP apa sih itu ERP ? ERP atau yang bisa disebut juag dengan Enterprise Resources Planning yaitu sistem informasi perusahaan yang dirancang peruntukan mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang sangat berguna pada proses bisnis. Pada Sistem informasi ERP terdapat pada database dan rancangan perangkat lunak atau yang sering dikenal software modular. ERP merupakan software yang dapat menghubungkan semua departemen dan fungsi suatu sistem yang terdapat pada perusahaan ke dalam satu sistem komputer, setelah masuk pada sistem komputer dapat melayani semua kebutuhan yang diperlukan perusahan tersebut.
software open source ERP ada di bawah ini berikut yang saya akan bahas Adempier, Compiere dan Open ERP
            Tapi inti yang saya akan jelaskan adalah COMPIERE dan pembahasaan sebelumnya untuk memperjelas keterkaitan ERP dengan software lainya.
            Dan pada bagian pertama saya akan mencoba untuk menejelaskan terlebih dahulu apa itu Compiere? Compiere adalah sebuah software yang ada keterkaitan dengan ERP akan tetapi software ini bersifat open source yang teraplikasi dengan CRM yang dapat dikenal Customer Relationship Management. Software atau perangkat lunak ini memberikan saran bisnis yang di peruntuk pada perusahaan kecil atau menengah pada pelayanan-pelayanan yang dapat mencangkup, seperti partner bisnis, pelanggan, vendor dan lain-lain yang mencakup semua data informasi pada perusahaan tersebut. pastinya software ini sangat membantu perusahaan untuk merancang semua kegiatan mereka pada masalah sistem perusahaan dengan dukungan berupa sebuah software yang tidak mahal dan tidak mengeluarkan kocek dalam untuk menggunakan aplikasi ini atau menginstallnya pada komputer perusahaan.

            Compiere ini yaitu software multi flatform, apa sih multi flatform? Nah multi flatform itu bisa dijalankan di semua sistem operasi seperti windows dan linux. Pada Software ini menggunakan bahasa pemrograman java dan databasenya menggunakan oracle. sebelum saya melanjutkan penjelasaanya, saya  mau memperlihatkan tampilan login dan tampilan awal compiere pada komputer saya tapi OS yang saya gunakan windows XP, Jika compiere ini sudah terinstall dan digunakan, berikut tampilan awal log in yang tampil pada layar komputer saya. 

Setelah masuk atau login pastinya akan tampil menu-menu pada aplikasi tersebut. Seperti halnya aplikasi lainya apabila kita menggunakan atau login dan saya akan Sedikit membahas tentang menu software compier.

            Dibagian pada compiere, terdapat client dan business partner adalah bagian hal yang terpenting, sebab client merupakan peranan penting untuk kirim data,  tugas pada client yaitu mengirimkan data ke organisasi. Pada Busines partner sama halnya dengan client yaitu berperan penting akan tetapi beda tugasnya busines partner  terdapat informasi dengan siapa kita melakukan transaksi atau relasi bisnisnya. Pada bagian client dan business yaitu dapat memasukan data atau melihat siapa karyawan, pelanggan, vendor, lokasi sampai cara pembayaran atau yang dikenal dengan transaksi.
           
            software compiere memiliki menu-menu atau tools yang bisa gunakan sesuai kebutuhan pengguna yang akan menggunakan aplikasi tersebut seperti bagian Order Management, Procurement, Material Management, Project Management, Return, Costing, Invoice Management, dll. Di Menu- menu ini menghubungkan satu dengan lainnya,dan data- data yang telah tersimpan dapat membentuk relasi dari setiap bagian menu. Oleh karena itu compiere dibuat dengan sistem tidak terdapat data yang kembar dan jika tidak ada kesamaan data maka tidak terjadi pula pemalsuan data,

 
Pada bagian business partner terdapat 9 tabel yang terdiri dari berikut dibawah ini terdapat tampilan gambarnya dan nama-nama bagianya:

Dan saya akan menjelaskan bagian-bagian yang terdapat pada tab tersebut.
1.      Business Partner yaitu menjelaskan pada bagian tersebut tentang enity dengan siapa transaksi dilakukan, sehingga dapat memasukan data di sini.
2.      pada Customer akan menampilkan data transaksi pelanggan, dan disisi lain mengisi data tambahan pelanggan , apabila menceklist check box pada tab customer
3.      dibagian Vendor  yakni akan menampilkan siapa vendor dari perusahaan yang terhubung. Sama halnya dengan customer dengan melakukan cekslist pada check boxnya di centang selanjutnya dapat melakukan pengisian data tambahannya
4.      Employee Pada tab ini menampilkan siapa pegawai dalam perusahaan ini Sama dengan customer dan vendor jika check boxnya di centang maka kita bisa mengisi data tambahannya
5.      Pada tab Bank Account yaitu berfungsi menampilkan sebuah informasi perbankan untuk rekanbisnis pada perusahaan tersebut. Data ini akan digunakan untuk pemrosesan pembayaran dan pengiriman uang yang akan dilakukan
6.      Location berguna untuk  menampilkan data alamat rekan bisnis atau partner, dan dapat menyimpan data alamat lebih dari satu alamat.
7.      Contact (user) atau bisa juga disebut dengan nama pengguna di bagian tab ini yaitu menjelaskan data pribadi para pelanggan. username pelanggan dibuat unik sehingga tidak ada data pelanggan yang terduplikasi atau penyamaan data pelanggan. Singkatnya ini  unique user, dan data ini bisa berupa pengguna internal atau rekan bisnis
8.      BP Access menjelaskan akses dari pengguna atau kontak untuk informasi Mitra Usaha dan sumber daya apabila pada tingkat Pengguna, Kendali BP Access tidak dipilih, selanjutnya pengguna yang menggunakan aplikasi ini perlu memberikan akses secara eksplisit di sini.
9.      Interest Area menjelaskan yg berfungsi untuk marketing




1 Comment
  1. Anonim Said,

    nice info :)

    Posted on 24 Oktober 2012 pukul 21.05

     

Posting Komentar