Tugas : Pabrik Biskuit Kopi Darat (refisi)

Diposkan oleh kiki santoso Kamis, 18 Oktober 2012


Nama : Kiki Santoso
Kelas/NPM : 4KA12/15109501
Konsep Sistem Informasi Lanjut!

Diskusi
- Untuk produk biskuit kaleng yang dipasarkan di pasar lokal dan
juga ke beberapa negara tetangga, perusahaan apa sajakah
yang terlibat sehingga anda bisa membeli produk tersebut di
sebuah supermarket?
Gambarkan supply chain dari produk ini


Where do you source your materials?
• Where do you process or convert them?
• What channels of distribution do you use?
• How do you build a strong relationship with your suppliers and
customers?
• How do you get direct information from your end-consumers?
• What logistics structure should you impose?
• How do you coordinate your information flows and systems
globally?
 
Answer

Bagian Pengembangan Produksi
Sangat penting terutama bagi industri inovatif seperti industri garmen, komputer, elektronik, packaging, dsb. Hal ini dikarenakan product life cycle-nya yang pendek.
Tanpa di sadari perusahaan rancangan produk dapat memakan waktu dan biaya yang sangat besar, padahal disisi lain perusahaan dituntut untuk bisa menghasilkan rancangan dalam waktu cepat dan biaya yang murah.
Pada sebuah perusahaan di perlukan banyak pertimbangan yang harus direncanakan atau di lakukan:
  1. sangat bereperan penting aspirasi dan keingininan para pelanggang atau kustomer, oleh karena itu dibutuhkan riset pasar yang efektif dan efesien.
  2. produk yang telah dirancang harus mencerminkan ketersediaan dan bahan baku. Dalam praktek Supply Chain Management Modern, melibatkan kerja sama dengan perusahaan supplier adalah kunci dalam proses perancangan produk baru.
  3. fasilitas pada bagian produksi yang akan dilaksanakan atau dibangun, jadi aspek manufacturability perlu dipertimbangkan dalam melakukan perencanaan.
  4. produk yang akan dirancang harus sedemikian rupa sehinga kegiatan pengiriman mudah dilakukan dan tidak menimbulkan biaya yang tidak terduga yang dapat menimbulkan penambahan pada saat distribusi barang dan  mencegah persediaan barang yang berlebihan disepanjang suppply chain.
  5. pada aspek lingkungan, dituntut memiliki rancangan yang ramah lingkungan dan mudah didaur ulang dari limbah pabrik biskuit tersebut.

Bagian Perancangan dan Pengendalian
Pada Bagian yakni bertugas untuk menciptakan koordinasi taktis maupun operasional sehingga kegiatan produksi, pengadaan material, maupun pengiriman distribus barang dapat dilakukan dengan efisien dan tepat waktu pada ke tangan customer, consumen atau distributor.Koordinasi yang dilakukan oleh pihak terkait tidak hanya di internal saja melainkan dalam supply chain juga ditangani oleh kordnasi, seperti halnya menentukan banyaknya produk yang akan diproduksi oleh pabrik, informasi mengenai data penjualan terakhir di tingkat ritel hingga banyaknya stock persedian produk yang masih mereka miliki sangatlah penting bagi pabrik.
Pihak  ritel dengan perusahaan saling koordinasi untuk menentukan rencana produksi dalam jangka panjang atau pendek ( P&G, Sara Lee, K-Mart, Warner Lambert)

Bagian Produksi
Pada Bagian produksi yaitu bertugas secara fisik melakukan transformasi dari bahan baku, bahan setengan jadi atau komponen yang akan diproses menjadi produk jadi yang akan siap dikirim kepada customer atau distributor. Kegiatan produksi dalam konteks Supply Chain Management tidak wajib dilakukan dalam lingkungan perusahaan melainkan di luar perusahaan dapat dilakukan produksi barang.
Sering kali pihak perusahaan melakukan outsourcing yaitu kegiatan produksi dipindahkan ke pihak subkontraktor, akan tetapi pihak perusahaan melakukan juga kegiatan kosentrasi yang menjadi core competency kepada pihak yang berkerja sama dengan perusahaan tersebut.Dalam kegiatan produksi, konsep lean manufakturing yang mementingkan efisiensi waktu pengeriman barang atau distribusi barang dan agile manufacturing  yang menekankan pada fleksibilitas system kinerja dan ketangkasan merespon perubahan dalam 2 hal itu adalah yang berperan penting dalam produksi.

Bagian Distribusi
Tugas distribusi dalam supply chain management adalah berperan sebagi mengirim produk tersebut agar sampai ketangan pelanggan atau konsumen pada waktu dan tempat yang tepat sesuai target pemasaran dari perusahaan.Akan tetapi dalam melakukan pendistribusian barang Aktivitas hal ini dapat dilakukan oleh pihak perusahaan atau diserahkan keperusahaan lain yang memiliki jasa angkut transportasi pendistribusian barang.
Dalam kutipan kegiatan distribusi barang, perusahaan harus merancang jaringan – jaringan distribusi yang tepat dengan mempertimbangkan aspek biaya, aspek fleksibilitas dan aspek kecepatan dan respon terhadap pelanggan supaya meningkatan perekonimian dan meminimalisir penguluaran keuangan perusahaan dan kepuasan pelanggan dapat terpenuhi.

0 komentar

Poskan Komentar