Membuat Database di Account Hosting

Diposting oleh kiki santoso Senin, 22 November 2010

Terkait dengan tampilan cPanel 11 X3 theme yang bagi sebagian masih sedikit membingungkan, kali ini kami membahas cara membuat database di server. Langkah pertama tentunya adalah masuk ke cPanel dulu, silahkan login dengan username dan password yang telah kami berikan sebelumnya. Pilih menu atau icon MySQL Database seperti yang terlihat di bawah.


Anda akan diarahkan ke halaman baru, yaitu halaman MySQL Database. Silahkan Anda membuat database pada form Create New Database, misalnya anda membuat database “blog”. Setelah itu silahkan buat user untuk database pada form Add New User, masukan user database yang diinginkan, misalnya “root” dan password “root01″. Karena layanan hosting yang Anda gunakan adalah shared hosting yang artinya dalam satu server digunakan secara bersama-sama dengan user lain, maka untuk membedakan antara user satu dengan yang lainnya, nama database dan user yang telah dibuat akan diawali dengan user cPanel misalnya nama database menjadi “dhyar_blog” dan untuk databasenya menjadi “dhyar_root”.

Setelah membuat database dan user database, langkah selanjutnya adalah menghubungkan antara database dan usernya. Silahkan scrol kebawah lagi cpanel Anda. Anda akan menemukan bagian Add User to Database, disana terdapat menu dropdown nama database dan user database. Silahkan Anda pilih “dhyar_blog” dan dibagian user pilih “dhyar_root” lalu klik tombol submit.

Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya, yaitu Manage User Privilage(hak akses untuk user yang dihubungkan). Yang perlu Anda lakukan adalah mencentang checkbox All Privilage(semua centang) Lalu Klik Make Change

setelah itu klik Go Back. Database Anda telah terbuat :).

0 komentar

Posting Komentar