Panduan installasi prestashop di webhosting

Diposting oleh kiki santoso Senin, 22 November 2010


Kali ini kita akan membahas bagaimana cara installasi CMS PrestaShop di webhosting. Prestashop merupakan software web instant yang dapat digunakan untuk membangun sebuah toko online secara gratis. Dimana spesifikasi dari CMS ini antara lain : webserver linux atau windows, PHP versi 5.0 keatas, apache versi 1.3 atau IIS6 keatas.

Dan berikut adalah panduan untuk instalasinya :
1.    Download file prestashop terlebih dahulu di situs resmi.

2.    Upload paket file prestashop tersebut ke dalam directory public_html. Selanjutnya Ekstrak file tersebut dan akan muncul directory baru dengan nama ‘prestashop’( struktur file di account hosting anda home/userCpanel/public_html/prestashop ). Jika akan dilakukan installasi/diakses langsung dengan  http://NamaDomainAnda.com, silahkan pindahkan ke-semua file ( di dalam folder prestashop ) langsung dibawah ‘public_html’ tanpa membuat direktory baru.

3.    Jika anda belum memiliki database di server, silahkan dibuat dahulu. Membuat database MySql bisa dilakukan di cPanel > MySql Database.

4.    Setelah semua file dan folder sukses di upload berikut database baru sudah anda buat, silahkan akses url di browser anda : http://NamaDomainAnda.com/install dan akan mendapati halaman sebagai berikut


5.    Pada langkah pertama dari proses instalasi, Anda dapat memilih bahasa yang Anda inginkan untuk digunakan di toko online Anda. Pilih bahasa yang Anda inginkan dan tekan tombol “Next” di bagian bawah.

6.    Pada halaman berikutnya, aplikasi akan melakukan cek sistem. Jika server mendukung dengan semua requirementnya, Anda akan melihat semua ikon berwarna hijau untuk setiap requirement yang mendukung seperti yang ditampilan di bawah ini :


7.    Tekan tombol “Next” kembali, anda akan dibawa ke step selanjutnya, di mana Anda harus memasukkan  informasi namaDatabase, password, dan userDatabase yang telah Anda buat sebelumnya di step 3.

Kami sangat menyarankan untuk pengguna baru untuk memilih  “ Full mode: Install all basic modules and add sample products “ pada pilihan di bawah konfigurasi database. Di mana pilihan tersebut akan menambahkan beberapa sample data barang yang akan membantu maupun memahami lebih baik bagaimana aplikasi bekerja.


8.    Instalasi PrestaShop hampir selesai. Pada step ini hal yang terpenting memasukkan informasi login untuk aplikasi. Di sini Anda harus memasukkan alamat email yang valid. Selain itu mengenai nama toko, logo, dsb isikan sesuai dengan keinginan anda. Setelah itu lanjutkan dengan klik tombol next.


9.    Aplikasi PrestaShop Anda sekarang terinstal dengan baik! Di step ini akan ditampilkan informasi yang sudah kita inputkan di step sebelumnya, berikut ada beberapa catatan penting yang perlu anda perhatikan dan lakukan.

a)    Hapus folder ‘install’ di  folder public_html anda selain itu rename folder ‘admin’ dengan nama lain sesuai keinginan anda ( missal, administrator, admin123, namaAnda ). Anda dapat melakukan hal tersebut menggunakan tools yang sudah disediakan di dalam menu file manager.
b)    Perhatikan bahwa langkah-langkah di atas adalah persyaratan keamanan dan Anda tidak akan bisa login di admin area, kecuali jika Anda sudah menyelesaikannya.
c)    Instalasi PrestaShop Anda sekarang selesai! Anda dapat melihat situs baru di http://NamaDomainAnda.com

0 komentar

Posting Komentar