Pemahaman Masyarakat terhadap Nuklir

Diposting oleh kiki santoso Sabtu, 09 April 2011

Pemahaman Masyarakat terhadap Nuklir masih terkesan negatif. Nuklir sering identik dengan bahaya, pencemaran, bom atom dan hal-hal negatif lainnya. Padahal Nuklir tidaklah selamanya berbahaya, justru seiring dengan meningkatnya pengetahuan dan teknologi, Nuklir justru bisa bermanfaat untuk kesejahteraan manusia. Pemahaman Masyarakat terhadap Nuklir masih terkesan negatif. Nuklir sering identik dengan bahaya, pencemaran, bom atom dan hal-hal negatif lainnya. Padahal Nuklir tidaklah selamanya berbahaya, justru seiring dengan meningkatnya pengetahuan dan teknologi, Nuklir justru bisa bermanfaat untuk kesejahteraan manusia.

Untuk itu, BATAN (Batan Tenaga Atom Nasional) sebagai lembaga resmi yang bergerak di bidang penelitian Nuklir merasa perlu untuk mensosialisasikan pemanfaatan dari Nuklir itu sendiri. Bekerjasama dengan CISRAL Unpad, pada tgl 6 April 2005 bertempat di R. Baca CISRAL Unpad, BATAN dalam hal ini dilakukan oleh Bidang Informasi & Dokumentasi Ilmiah P2TIK-BATAN menyelanggarakan paparan tentang Nuklir sekaligus demo sistem informasi tentang nuklir yang dikenal dengan INIS (International Nuclear Information System).

Paparan pertama disampaikan oleh DR. Ir. ANHAR R. ANTARIKSAWAN seorang ahli nuklir dari Pusbang Teknologi Keselamatan Nuklir BATAN memberikan materi tentang ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI NUKLIR UNTUK KESEJAHTERAAN. Pemapar memberikan selayang pandang risiko dan manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) nuklir dalam perspektif pengenalan, pemahaman, pengayaan pengetahuan iptek nuklir, sebagai bagian dari diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir kepada masyarakat. Ir. HADI SUSILO , MM. sebagai Kepala Bidang Informasi & Dokumentasi Ilmiah , P2TIK - BATAN memberikan paparan kedua dengan materi PENGELOLAAN PENGETAHUAN NUKLIR & PENGENALAN INIS. Yang dilanjutkan dengan demo penggunaan INIS.

Dikesempatan akhir, BATAN memberikan hak akses sistem informasi nuklir INIS kepada Cisral Unpad berupa diberikannya CD Instalasi program INIS. Untuk selanjutnya layanan penelusuran content digital CISRAL Unpad bertambah dengan adanya sistem informasi INIS ini. INIS bisa diakses oleh pengunjung di R. Multimedia CISRAL Unpad.

0 komentar

Posting Komentar