Kesimpulan kelompok 6

Diposting oleh kiki santoso Jumat, 25 Maret 2011


Uang merupakan alat pembayaraan yang berlaku sampai sekarang untuk semua transaksi jual – beli baik seara langsung dan mau pun tidak secara langsung. Kebredaan uang menyediakan alternatife transaksi yang lebih mudah dari pada barter yang tidak lebih kompleks  dan hal – hal yang tidak dapat efesiensi yaitu dalam sistem ekenomi modern barter tidak sangan efesiensi karena membutuhkan orang yang sama membutuhkan keinginan yang sama untuk melakukan pertukaraan dan juga kesulitan dalam penentuan nilai dan efiensi nya yaitu menggunakan uang dapat akhir nya akan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja yang kemudian akan meningkatkan produktifitas dan kemakmuran.

Pada umumnya bank sering di kenal sebagai lembaga keuangan yang kegiatan nya utamanya menerma simpanan GIRO,TABUNGAN dan DEPOSITO, dan disisi lain bank juga di kenal sebagai tempat pinjam uang untuk masyrakat yang membutuhkan dan tempat menukar uang dan bisa juga untuk membayar apa pun yang akan di butuhkan masyrakat .

Bank adalah lembaga keuangan yang usaha pokok nya adalah himpunan dana dari masyrakat dan menyalurkan kembali dana tersebut kemasyrakat serta memberikan jasanya dalam lalulintas pembayaran dan peredaraan uang.

Ada 3 hal fungsi utama pada bank :
1.       Bank sebagai lembaga yang mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan
2.       Bank sebagai lembaga yang meyalurkan dana ke masyrakat dalam bentuk kredit dan bentuk lain nya
3.       Bank sebagai lembaga yang mempelancar transaksi perdagangan dan peredaran uang

Uang adalah alat tukar menukar yang dapat di terima secara umum da sebagai seseuatu yang tersedia dan secara umum di terima sebagai alat pembayaran bagai pembelian baranng dan jasa – jasa serta di trima sebagai alat pembayaran utang.
Fungsi uang asli ada 3 yaitu sebagai alat tukar menukar sebagai satuan hitungan dan sebagai penyimpanan nilai.sebagai alat tukar menukar karena dapat memudahkan pertukaran dan selain itu berfungsi sebagai alat penyimpanan karena dapat di gunakan untuk mengalihkan daya beli dari masa sekarang ke masa mendatang .

                Pengertian bank adalah sebuah lembaga intermedasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk memenirima simpanan uang meminjamkan uang dan menerbitkan promnes yang bisa di sebut dengan note bank, bank berasal dari bahasa italia yaitu banca yang artinya yaitu tempat penukaran uang
                 Pada tanggal 10 nov 1998 bank adalah sebagai badanusaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk – bentuk kredit dan atau bentuk – bentuk lainya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak .

                Jasa bank sangat penting dalam pembangunan ekonomi negara, jasa perbankan pada umumnya terbagi atas dua tujuan. Pertama sebagai penyedia mekanisme dan alat pembayaran yang efesiensi bagi nasabah. Untuk ini bank menyediakan uang tunai, tabungan dan kartu kredit dan inilah yang berperan penting bank dalam dunia ekonomi

                Dengan menerima tabungan dari nasabah dan meminjamkan kepada pihak yang membutuhkan dan, berarti bank meningkat kan arus dana untk investasi dan pemanfataan yang lebih produktife. Bila hal ni berjalan dengan baik maka ekonomi suatu negara akan meningkat.

                Jasa perbankan sebenarnya sangat banyak namun hanya sedikt masyrakat yang mengetahui nya.perusahaan yang mencetak uang adalah PERURI yaitu percetakan uang republik indonesia dan BUMN badan usha milik negarayang di tugas kan untuk mencetak uang rupiah bagi republik indonesia sesuai dengan hukum pemerintah yang di cantum UUD no 32 tahun 2006selain mencetak uang juga mencetak scurity lainya .

                PERURI di dirikan pada tanggal 15 sep 1971.sesuai peraturan dari 32 tahun 2006, percetakan uang di indonesia di berikan tugas wewenang untuk mencetak lima produk unggulan yakni uang RI yang meliputi uang kertas dan uang logam, paspor RI, pita cukai materia dan sertifikat tanah.setiap yang di cetak oleh PERURI mempunyai ciri khusus yang mengutamakan segi – segi khusus pemangaman, meningat dokument tersebut merupakan dokument negara yang sangat vital.

0 komentar

Posting Komentar